oleh

Camat Pedamaran : Penyaluran BLT DD Harus Mengacu Aturan Pemerintah

OKI (SMN.co.id) – Camat Pedamaran, Telly Thaurussia, SSTP MSi berjanji akan mengintruksikan para kades, khususnya di Kecamatan Pedamaran untuk segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) sesuai data dan aturan yang telah ditetapkan pemerintah.
Pernyataan ini disampaikan Telly Thaurussia dihadapan masyarakat di kantor camat Pedamaran, sebagaima dikutip dari situs berita online Bandung Berita.com, Rabu (10/6/20).
Di kecamatan Pedamaran sendiri saat ini ada beberapa desa yang telah menyalurkan BLT DD bagi masyarakat terdampak Covid-19. Diantaranya Desa Srinanti, Pedamaran 2, Pedamaran 3, Pedamaran 5. Sesuai aturan pemerintah masyarakat menerima Rp 600 ribu selama tiga bulan.
Sementara diantara itu ada juga desa yang belum menyalurkan BLT DD ke masyarakat, seperti Desa Pedamaran VI, Desa Menang Raya, dan Desa Pedamaran 1.
Ketiga desa ini merupakan desa yang paling padat penduduknya. Jika dana DD dari 35 persen untuk BLT DD di salurkan ke masyarakat banyak masyarakat tidak tercover oleh dana tersebut dengan besaran Rp 600 ribu.
Secara aturan mereka yang menerima BLT DD adalah masyarakat yang tidak mendapatkan program bantuan dari pemerintah seperti PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan sejenisnya.
Jadi bagi masyarakat yang telah mendapatkan bantuan PKH dan BPNT tidak berhak mendapatkan BLT DD.
Artinya pihak desa harus benar-benar melakukan pendataan agar BLT DD tepat sasaran. Walaupun ada beberapa desa yang memiliki penduduk padat, namun sesuai dengan pernyataan Camat Pedamaran penyaluran BLT DD harus sesuai aturan pemerintah yakni Rp 600 ribu. (DONI)